Rabu, 09 Mei 2012

USAHA TERNAK AYAM BANGKOK

Usaha Ternak Ayam Bangkok

Usaha Ternak Ayam Bangkok
Usaha Ternak Ayam Bangkok.
Usaha Ternak Ayam Bangkok, dari dulu semasa Saya masih SD sampai sekarang Ayam bangkok tiada matinya, usaha yang satu ini terus selalu ada,sebagai hobby ayam bangkok bisa sebagai usaha sampingan bila mau.dimana permintaan selalu ada, Usaha Ternak Ayam Bangkok mepunyai pasar tersendiri, sedangkan para penghobby selalu bertambah. Informasi untuk usaha ternak ayam bangkok lebih baik sebagai usaha sampingan dengan modal kecil sudah  bisa beternak ayam bangkok.
ayam bangkok pertama kali dikenal di Cina pada 1400 SM.Ayam jenis ini selalu dikaitkan dengan kegiatan sabung ayam (adu ayam).Lama-kelamaan kegiatan sabung ayam makin meluas pada pencarian bibit-bibit petarung yang andal.Pada masa itu, bangsa Cina berhasil mengawinsilangkan ayam kampung mereka dengan beragam jenis ayam jago dari India,Vietnam,Myanmar,Thailand dan Laos.Para pencari bibit itu berusaha mendapat ayam yang sanggup meng-KO lawan cuma dengan satu kali tendangan.
Untuk memulai usaha ternak ayam bangkok alangkah baiknya Anda memahami akan manfaat dari ayam bangkok tersebut,disamping untuk menyeleksi induk yang mau dijadikan usaha ternak ayam bangkok, juga agar supaya Anda mengetahui dengan jelas arah pasar dan harga jual ayam bangkok, tanpa itu semua akan sulit Anda memasarkan hasil ternak ayam bangkok. Juga harga jualnya tidak bisa mahal , lain kalau Anda sebelum menerjuni usaha ternak ayam bangkok sudah dikenal para penghobby ayam bangkok, terutama para bebotoh aduan.lain kalau Anda langsung usaha ternak ayam bangkok,  modal yang Anda keluarkan untuk membeli indukan akan mahal sedangkan hasil belum tentu sesui dengan selera pasar, penjualan akan sulit.
Usaha Ternak Ayam Bangkok
Tehnik mencari ayam bangkok.
Dalam mencari ayam bangkok santai saja jangan terburu – buru, datangi tempat – tempat peternakan jangan bilang kalau Anda mau mencari ayam, katakan hanya sekedar ingin tahu soal ayam bangkok yang baik, pancing  peterna tersebut tentang induk pejantanya apakah sudah pernah menang belum juga jagan ketinggalan tanya masalah harga. Kalau semua sudah Anda dapatkan dan ada yang baik menurut kategori Anda jangan langsung dibeli, tungun beberapa hari untuk membeli, dengan demikia Anda bisa membandingkan dengan hasil peternak yang lain.kalau semua rencana sudah matang Anda akan mendapatkan ayam yang sesui dengan selera Anda juga yang dimaui pasar, bahkan mungkin dengan harga yang murah.atau Anda datang ke pasar ayam pantau sewaktu penjual mencoba ayam – ayam mereka.
Bahkan bila Anda sudah benar – benar cepat ingin mendapatkan ayam untuk usaha ternak ayam bangkok, Anda bisa mendatangi tempat sambung ayam pilih yang juara(menang) Anda akan mendapatkan induk penjatan yang siap untuk usaha ternak ayam bangkok, akan tetapi dengan jalan tersebut harga sudah mahal.
Untuk memulai usaha ternak ayam bangkok perlu persiapan kandang. Disini Anda bisa pesan atau membuat sendiri. Kandang bisa terbuat dari bambu atau kawat ram. Pilih yang sesui dengan kemapuan Anda, juga tempat usaha ternak ayam bangkok.masalah ukuran kandang disesuikan dengan lahan yang ada.kandang usaha ternak ayam bangkok dengan ukuran T 150cm X P100 cm X L80cm sudah cukup, lebih besar akan lebih baik.jadi ukuran kandang usaha ternak ayam bangkok tidak ada ukuran baku.
Untuk memperoleh hasil usaha ternak bangkok yang baik di perlukan indukan yang baik minimal sebagai pejantan pernah menang dalam sabung ayam, sedang induk betina pilih minimal umur 1 tahun.
Satu ekor pejantan bisa mengawini 3-4 induk betina. Perkawinan juga bisa dilakukan secara inseminasi buatan, tetapi cara ini jarang dilakukan karena cara perkawinan alamiah terhitung cukup gampang dilakukan dan tidak perlu mengeluarkan biaya khusus untuk membeli peralatan inseminasi. induk yang telah dikawinkan akan bertelur seminggu setelah dikawinkan. Induk betina ayam bangkok bertelur terbatas, Telur-telur tersebut bisa dierami oleh induknya atau ditetaskan di dalam mesin tetas. Untuk usaha skala kecil, penetasan bisa dilakukan oleh induknya, tetapi untuk usaha berskala besar, terutama peternakan yang menjual anakan (DOC), penetasan dengan mesin tetas dapat mempercepat kapasitas produksinya.telur akan menetas setelah dierami oleh induknya selama 21 hari. Anak ayam yang baru menetas bisa ditempatkan dikandang postal setelah berumur dua hari. Kandang postal anak ayam dilengkapi dengan pemanas yang berfungsi sebagai induk buatan.alangkah baiknya dalam penetasan di lakukan seleksi terhadap telur yang calon betina atau telur calon jantan terlebih dahulu
Usaha ternak Ayam bangkok memiliki segmen pasar yang berbeda ada yang membeli untuk ayam aduan ada yang sebagai hobby dan ada yang juga untuk tujuan komersial.
Satu hal yang perlu diperhatikan dalam Usaha ternak ayam bangkok, cara mengawinkan ayam bangkok adalah tidak mengawinkan saudara sekandung (berinduk sama). Namun perkawinan antara induk (F1) dan anak (F2) masih diperkenankan. Begitu juga dengan perkawinan antara induk (F1) dan cucu (F3).
Pemberian pakan usaha ternak ayam bangkok.
Untuk ayam kutukan yamg baru menetas bisa Anda berikan pakan por 511 dicampur dengan kosentrat, atau por pakan ayam pedaging. perbandingan 1 X 1/2 agar supaya cepat tumbuh besar akan tetapi hasil kurang baik.itu semua bisa diatasi nanti kalau sudah agak besar dengan jalan umbaran. Sedangkan pakan bagi yang sudah dewasa cukup dengan jagung tiap hari 1 X.
Tips memilih ayam bangkok
Pilih ayam yang berbadan tegap, atletis, kulit kasar seperti kulit buah jeruk menandakan ayam tersebut tahan rasa sakit, jenger blangkon menandakan hatinya besar bermental baja, kalau yang memiliki pukulan besar apabila ayam yang dipegang badanya lantas diangkat kakinya mengatung semua,lakukan beberapa kali kalau terus digantung hampir pasti ayam tersebut memiliki pukulan besar sedangkan yang jalu posisi jalu dekat dengan cakar, apalagi kalau didukung bawah ceker tumbuh seperti sisik (batu rantai)
Untuk menghindari kekalahan dalam laga adu ayam,
perlu sekali di perhatikan cara tidurnya, posisi tidur ayam yang mau diadu untuk besok pagi atau siangnya.kalau pada malam tidur dengan kepala di sembunyikan, walau kondisi ayam sudah baik atau siap tarung alangkah baiknya jangan diadu dulu tunda beberapa hari lagi akan tetapi apabila posisi tidur ayam pada malam harinya tidak menyembunyikan kepalanya itu pertanda ayam siap diadu. kalau Anda mengadu ayam seperti itu peluang untuk menang besar sekali.resep ini sudah beberapa kali Saya coba, selama ini membuahkan hasil yang memuaskan, Anda perlu mencobanya

Usaha Ternak Ayam Bangkok
Keuntungan usaha ternak ayam bangkok.
*Bisa dilakukan dengan modal kecil, sehinga cepat balik modal BEP
*Perawatan tidak sulit
*Keuntungan yang didapat besar apalagi hasil ternak tersebut bisa menang dalam sabung
*Pasar tebuka lebar selain penghobby
*Bila hasil tidak sesui dengan yang di inginkan masih bisa dijual ke pasar sebagai ayam potong.
*Dalam mencari pekan tidak sulit karena sudah tersedia di toko – toko
Kelemahan Usaha ternak ayam bangkok.
*Hewan unggas mudah terserang penyakit, begitu juga dengan ayam bangkok
*Hasil dari usaha ternak ayam bangkok tidak di sukai selera pasar.
*Sering terjadi pencurian terhadap ayam.
*Adanya penyakit dengan istilah Aratan.
*Hasil usaha ternak ayam bangkok banyak yang betina dari pada pejantan.
Asumsi usaha ternak ayam bangkok
Biaya Investasi
Pembuatan kandang Rp 500.000,00
Pembelian Induk pejantan Rp 250.000,00
Pembelian 4 induk betina @ Rp 100.000,00
4 X Rp 100.000,00 = Rp 400.000,00
Jumlah biaya intestasi  Rp 1.150.000,00
Biaya tidak tetap
Pakan selama 7 bln              Rp 750.000,00
Obat – obtan dan lain – lain Rp 100.000,00
Jumlah biaya tidak tetap      Rp  850.000,00
Hasil produksi dari 1 Induk @ 7 ekor pejantan dengan harga lancur Rp 150.000,00
@ 3 ekor betina dengan harga dara Rp 50.000,00
Keuntungan dari 4 induk
7 ekor X 4 X Rp 150.000,00 = Rp 4.200.000,00
3 ekor X 4 X Rp   50.000,00 = Rp    600.000,00
Jumlah keuntungan               = Rp  4.800.000,00
Keuntungan bersih usaha ternak ayam bangkok dalam jangka 7 bulan
Rp 4.800.000,00 – Rp 2.000.000,00 = Rp 2.800.000,00

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar